Friday, October 26, 2012


Ikhtisar


Prototipe T-50 dalam penerbangan
Walaupun sebagian besar informasi tentang PAK FA diklasifikasikan, sumber-sumber di dalam Angkatan Udara Rusia dan Departemen Pertahanan telah secara terbuka menyatakan bahwa ia akan menampilkan teknologi siluman dan memiliki kemampuan untuk supercruise, [12] dan memasukkan avionik canggih seperti elektronik Scanned Array Aktif (AESA) radar dan sistem kecerdasan buatan [56]. Hal ini harus dilengkapi dengan generasi berikutnya udara-ke-udara, udara-ke-permukaan, dan udara-ke-kapal rudal. [57]

Komposit digunakan secara ekstensif pada T-50 dan terdiri dari 25% dari berat dan hampir 70% dari permukaan luar [44]. Diperkirakan bahwa paduan titanium isi pesawat adalah 75%. Kepedulian Sukhoi untuk meminimalkan radar cross-section (RCS) dan tarik juga ditunjukkan dengan pemberian dua senjata utama tandem teluk di pesawat tengah, antara nacelles mesin. Setiap diperkirakan antara 4,9-5,1 m panjang. Teluk utama ditambah dengan melotot, segitiga-bagian teluk pada akar sayap. [58]

The Komsomolets Moskovsky melaporkan bahwa T-50 telah dirancang untuk menjadi lebih bermanuver dari F-22 Raptor, pada biaya sehingga kurang tersembunyi daripada F-22. [59] Salah satu elemen desain yang memiliki efek seperti itu adalah Vortex Pengontrol Leading Edge (LevCon).

PAK FA tidak memiliki siluman diamati sangat rendah dari F-22, tetapi menggunakan bahan komposit, konfigurasi aerodinamis, dan langkah-langkah pengurangan signature mesin untuk mencapai tingkat rendah radar, tanda tangan optik dan inframerah. [60]

[Sunting] Persenjataan
PAK FA memiliki beban maksimum dilaporkan senjata dari 7.500 kg [61]. Ini memiliki ketentuan yang jelas untuk meriam (kemungkinan besar GSH-301), dan mungkin bisa membawa dua meriam 30 mm. [28] The PAK FA memiliki dua internal yang bays diperkirakan mencapai 4,6-4,7 meter dengan 1-1,1 meter. [62] The persenjataan awal diharapkan termasuk Kh-35UE (AS-20 "Kayak"), Kh-38ME, Kh-58UShKE (AS-11 "keteraturan"), dan RVV-MD (AA-11 "Archer") rudal [63].

Dua Izdeliye 810 Super melampaui rudal jarak pandang per teluk senjata. Beberapa Izdeliye 180 / K77M melampaui rudal jarak pandang. K74 dan K30 dalam rudal jarak visual juga dapat dilakukan. [62] Dua KH38M atau KH58 USHK udara-ke-darat rudal per teluk senjata. Beberapa 250-500 bom presisi dipandu kg per senjata teluk, [62] dengan maksimal 10 bom di teluk internal [61]. Beban lain yang mungkin termasuk satu bom 1.500 kg per senjata teluk atau dua 400 km + jangkauan anti-AWACS senjata (seperti sebagai RVV-BD) pada cantelan eksternal [64]. [65]

PAK FA kepala desainer Alexander Davydenko telah mengatakan bahwa ada kemungkinan instalasi rudal supersonik BrahMos pada PAK FA dan turunan FGFA. Namun, tidak jelas bagaimana rudal akan dipasang, meskipun dapat satu atau dua rudal hanya karena beratnya dari BrahMos [66].

[Sunting] Avionics


NIIP ini AESA radar untuk PAK FA dipajang pada pameran dirgantara MAKS 2.009
SH121 kompleks radar PAK FA itu mencakup tiga X-band radar AESA terletak di bagian depan dan sisi pesawat. Ini akan disertai dengan L-band radar di tepi terkemuka sayap [67] [68] L-band radar yang terbukti telah meningkatkan efektivitas terhadap diamati sangat rendah, atau diam-diam, target yang dioptimalkan hanya terhadap X-band frekuensi., namun panjang gelombangnya lebih lama mengurangi resolusi mereka. Namun prototipe awal akan menggunakan warisan radar array pasif elektronik dipindai. [69] [verifikasi diperlukan] Menurut Sukhoi, radar akan mengurangi beban pilot dan menggunakan link data baru untuk berbagi informasi antara pesawat [70]. Tahun 2012 tanah tes dimulai pada pesawat ketiga dari Tikhomirov Scientific Research Institute of radar AESA Instrument Design. [71]

PAK FA akan menampilkan pencarian infra-merah dan melacak optik / IR pencarian dan sistem pelacakan, berdasarkan OLS-35M dari Su-35S. [Rujukan?]

[Sunting] Engine
Pada penerbangan pertama, PAK FA diharapkan untuk menggunakan sepasang konvensional 117S mesin Saturnus, namun mesin baru 117 (AL-41F1) bertenaga penerbangan pertama [72] Mesin baru memiliki sistem kontrol digital (FADEC)., dan dilaporkan mampu memproduksi £ 33.000 (147 kN) dorong di afterburner, memiliki bobot kering 1420 kilogram dan dorong untuk rasio berat 10.5:1 [73].

Menurut direktur Sukhoi Mikhail Pogosyan, 117 (AL-41F1) merupakan mesin generasi baru kelima dibangun khusus untuk PAK-FA. Pogosyan telah menjelaskan bahwa klaim penggunaan mesin yang lebih tua tidak benar. Meskipun spesifikasi mesin baru tetap diklasifikasikan, informasi yang diberikan sudah termasuk: dorong mesin meningkat sebesar 2,5 ton selama mesin-31 AL, penurunan berat badan mesin dengan 150 kilogram (330 lb). Perubahan ini memungkinkan pesawat untuk supercruise, mempertahankan kecepatan supersonik penerbangan tanpa menggunakan afterburner. [73] Mikhail Pogosyan lanjut disebutkan bahwa mesin (117) memenuhi persyaratan Angkatan Udara Rusia dan akan dipasang di produksi PAK-FA pesawat. [73]

Mesin menghasilkan dorongan yang lebih besar dan memiliki sistem otomatisasi yang kompleks, untuk memfasilitasi mode penerbangan seperti manuver. Diharapkan bahwa setiap mesin akan mampu mandiri atas dorongan vektor nya, ke bawah atau sisi ke sisi. Vectoring satu mesin dengan yang lain ke bawah dapat menghasilkan kekuatan memutar, yang akan memungkinkan PAK FA menjadi tempur generasi pertama kelima dengan penuh 3-D thrust vectoring sepanjang ketiga sumbu pesawat: pitch, yaw dan roll. Mesin ini akan menggabungkan inframerah dan langkah-langkah pengurangan RCS [74]. [75]

[Sunting] sejarah Operasional

[Sunting] Pengujian
Video penerbangan pertama menunjukkan bahwa PAK FA tidak memiliki kemudi konvensional, ekor vertikal sepenuhnya bergerak [76] ini desain tail fin khusus secara mekanis mirip dengan V-ekor yang digunakan oleh Northrop YF-23 pada 1990, [77] tetapi. dilengkapi dengan stabilators horisontal khusus (seperti pada F-22). T-50 memiliki sayap terdepan perangkat di atas intake mesin jet yang dapat menimbulkan tantangan untuk kontrol tanda tangan [78].

Pada tahun 2013 pesawat pertama akan dikirimkan untuk percobaan negara. [79] Pada Juni 2012, pembangunan fasilitas pengujian modern dan landasan pacu baru untuk mengakomodasi fase berikutnya dari program PAK-FA sedang berlangsung di Pusat Penerbangan Negara Uji 929 di Akhtubinsk [80]. [81]

[Sunting] Ekspor
Rusia dikatakan tertarik dalam menawarkan PAK-FA untuk jet tempur berikutnya Korea Selatan generasi [82]. Korea Selatan agen pengadaan pertahanan menegaskan bahwa Sukhoi PAK-FA adalah seorang calon untuk Republik generasi tempur Korea Air Force ( FX Tahap 3) pesawat udara;. [83] Namun, Sukhoi gagal masuk kompetisi penawaran dengan batas waktu 2012 Januari [84]

Pusat Rusia untuk Analisis Perdagangan Dunia lengan memprediksi bahwa PAK FA akan tersedia untuk ekspor pada tahun 2025. [85], meskipun ini "ekspor versi" bisa merujuk kepada Sukhoi / HAL FGFA [86]., Yang FGFA menjadi "main ekspor versi "dari dasar T-50 platform. [87]

Ruslan Pukhov, direktur Pusat Analisis Strategi dan Teknologi, telah memproyeksikan bahwa Vietnam akan menjadi pelanggan ekspor kedua untuk pesawat tempur. [88]

Pada 2012, Menteri Pertahanan Rusia Anatoly Serdyukov mengatakan bahwa Rusia dan India bersama-sama akan membangun versi ekspor T-50 dimulai pada 2020. [89]

No comments:

Post a Comment